Facebook Badge

Sabtu, 19 November 2011

Kisi Kisi PKP

KISI KISI
Copas blog,semoga membantu

1. Apa definisi ilmu keuangan negara dan apa yang dipelajari dalam ilmu keuangan Negara?
2. Apa perbedaan pola berpikir antara pemerintah dan swasta atau individu mengapa demikian?
3. Menurut teori liberalisme apa peran pemerintah sedang menurut teori sosialis apa peran pemerintah?
4. Didalam perekonomian terdapat kepincangan pasar sebutkan 3 diantaranya dan uraikan satu per satu
5. Apa bedanya antara barang privat dan barang publik
6. Apa yang dimaksud dengan eksternalitas
7. Apa saja macam kegiatan pemerintah uraikan satu per satu
8. Apa yang dimaksud dengan pengeluaran pemerintah yang exhaustive dan apa yang dimaksud pengeluaran transfer dan secara teori mengapa pengeluaran pemerintah selalu meningkat?
9. Apa yang dilakukan pemerintah dalam kebijakan apbn untuk mempengaruhi perekonomian/
10. apa sasaran pemerintah 2009 –2014 dan ada 5 fungsi yang dijalankan pemerintah dalam masa reformasi ini uraikan satu per satu
11. Kita mengenal 4 jenis anggaran uraikan satu per satu sebutkan kebaikan dan kelemahannya.
12. Berdasarkan teori biaya dan manfaat apa yang harus selalu dipegang oleh dalam setiap langkah melakukan pengeluaran?
13. Bagaimana membuktikan hukum manfaat yang makin menurun (law of deminishing benefit)?
14. Pada satu proyek bendungan pencegah banjir apa yang dimaksud dengan manfaat langsung dan apa manfaat tidak langsung apa manfaat tangible dan apa manfaat intangible
15. Apa saja sumber sumber penerimaan pemerintah apa beda pajak dan penerimaan bukan pajak per definisi
16. Ada 2 fungsi pajak sebutkan dan beri contohnya
17. Menurut adam smith ada 4 prinsip pengenaan pajak yang baik sebutkan dan uraikan satu per satu
18. Ada 3 struktur pajak yang dikenal sebutkan dan beri contohnya masing-masing
19. Dalam apbn ada tiga unsur penerimaan bukan pajak sebutkan dan unsur apa yang paling dominan , mengapa/
20. Strategi apa yang dijalankan pemerintah untuk mengoptimalkan penerimaan bukan pajak?
21. Per definisi apa yang dimaksud dengan pajak langsung dan apa pajak tidak langsung?
22. Mengapa dinegara berkembang pajak tidak langsung lebih dominan dari pajak langsung?
23. Bagaimana pemerintah menentukan harga barang publik
24. Apa yang dimaksud dengan kebijakan harga positif dan apa yang dimaksud dengan kebijakan harga negatif.
25. Kebijakan apa yang diatur pemrintah dengan mengatur harga penyangga?
26. Dalam kondisi anggaran defisit maka pembiayaan ditutup dari sumber penerimaan apa saja di indonesia?
27. Berapa mavcam hutang negara yang kita kenal apa ciri-cirinya?
28. Apa pengaruh pinjaman dalam negeri pada perekonomian saat cicilan hutang pokok dan bunga dibayar
29. Apa pengaruh pinjaman luar negeri pada perekonomian saat ciciclan hutang pokok dan bunga dibayar?
30. Bagaimana sebaiknya mengelola utang agar kita tidak terjerat oleh lilitan utang?


JAWABAN
1. Ilmu Keuangan Negara adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kegiatan kegiatan pemerintah dalam bidang ekonomi terutama mengenai penerimaan dan pengeluarannya beserta pengaruh-pengaruhnya dalam perekonomian tersebut.
2. perbedaan cara berpikir.
Rumah tangga,perusahaan dalam melakukan kegiatan selalu berpikir pada seberapa pendapatan yang dimiliki baru mengatur atau berpikir pengeluaran apa yang akan di lakukan.
Pemerintah kebalikannya berpikir pengeluaran apa yang akan dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat baru dicari bidang-bidang apa yang bisa menghasilkan pendapatan/penerimaan
3. Teori Liberal/kapitalis secara murni
Peran pemerintah sekadar melakukan kegiatan dibidang keamanan, kehakiman/hukum, kebebasan individu adalah mutlak dan tidak bisa dicampuri pemerintah
Teori Sosialis murni Peran pemerintah harus berfungsi agar golongan ekonomi kuat tidak menekan terus menerus golongan ekonomi lemah.
Sekarang baik dinegara kapitalis maupum sosialis peran pemerintah diakui juga kebebasan individu juga dihormati
4. Kepincangan pasar.
a. pasar tidak bisa mengatur barang-barang kolektif( collective goods=public goods)
b. Perbedaan biaya privat &biaya sosial serta manfaat privat &manfaat sosial
c. Adanya risiko yang sangat besar
d. Sifat monopoli
e. Adanya inflasi dan deflasi
f. Semakin berkembangnya pabrik dan perusahaan
g. Distribusi pendapatan yang tidak merata
5. -Nonrival cosumption adalah bahwa apabila seseorang menikmati barang/jasa tersebut orang lain juga bisa menikmati barang/jasa tersebut misalnya : jalan,udara,pemandangan yg indah
-Non exclution adalah bahwa tidak ada seorangpun bisa dikecualikan menikmati barang/jasa tersebut apakah dia ikut membayar atau tidak ikut membayar.
6. Dalam menikmati barang/jasa publik itu ada akibat sampingan berupa manfaat atau kerugian yang diderita masyarakat itulah yang dinamakan eksternalitas barang publik
7. Macam-macam kegiatan Pemerintah
Mengalakosikan faktor-faktor produksi maupun barang/jasa untk memuaskan kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dipuaskan melalui mekanisme pasar seperti : pertahanan,keamanan,pendidikan dan keadilan.
Kegiatan utk mendistribusikan pendapatan atau transfer penghasilan, koreksi atas pembagian pendapatan yg tidak seimbang dalam masyarakat
Kegiatan menstabilkan perekonomian dengan cara menggabungkan kebijakan moneter dengan kebijakan fiskal, kebijakan perdagangan untuk mempertahankan kesempatan kerja yg terbuka,menghindari inflasi dan deflasi.
Kegiatan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, agent of development,agar tercapai standar hidup rakyat yang lebih layak,dan kesejahteraan ekonomi yang lebih baik.
8. Pengeluaran pemerintah dapat dibagi :
pengeluaran exhaustive: pengeluaran utk pembelian barang dan jasa utk membantu kegiatan pemerintah.Pengeluaran ini bersifat memindahkan faktor produksi dari sektor swasta menjadi ke sektor pemerintah.
Pengeluaran transfer: pemindahan uang dari pemerintah ke individu utk keptng.sosial
Secara teori penyebab meningkatnya anggaran belanja pemerintah karena :
a. Ada perang: kalau terjadi perang maka anggaran belanja pemerintah meningkat walaupun perang sudah usai maka hutang perang dan bunganya harus dibayar ini juga menyebabkan bertambahnya pengeluaran.
b. Kenaikan tingkat penghasilan masyarakat : maka mengakibatkan permintaan atas barang dan jasa publik meningkat seperti pendidikan ,jalan, pelayanan kesehatan umum dsb yang tidak mungkin di produksi oleh swasta
c. Urbanisasi dan perkembangan ekonomi : Perpindahan penduduk dari desa ke kota perlu dilayani pemerintah berupa penyediaan lapangan kerja,kebutuhan listrik,airminum,sanitasi,kesehatan,perumahan dan keamanan.
d. Perkembangan demokrasi : Makin demokratis suatu negara maka perlu biaya pemilu,pilkada, musyawarah dsb.
e. Keborosan pengeluaran pemerintah
f. Peran pemerintahsebagai agent of development/pelopor pembangunan
g. Program sosial : Tim program pengentasan kemiskinan: BLT,subsidi dll
9. Pada umumnya kebijaksanaan anggaran adalah untuk mempengaruhi perekonomian suatu negara dengan mengubah –ubah pengeluaran dan penerimaan.dalam keadaan deflasi maka ditempuh kebijakan anggaran defisit sedang kalau perekonomian dalam keadaan inflasi ditempuh kebijakan anggaran surplus, kalau keadaan normal kebijakan anggaran berimbang.
10. Sasaran APBN 2009s/d 2014 adalah:
Mewujudkan Indonesia yang aman dan damai
Mewujudkan Indonesia yang adil dan demokratis
Mewujudkan kesejahteraan rakyat
Fungsi utama negara terdiri dari empat macam yaitu: Political state., Legal State, Admistrative State,Diplomatic State.
11. Jenis ANGGARAN:
a. Anggaran Line –item Anggaran berisi daftar belanja barang atau objek yang akan dibeli pemerintah.Anggaran seperti ini harus spesifik menyebutkan barang yang akan dibeli sehingga perlu dikelompokkan pada: misalnya: bel. Pegawai.bel. barang
o Kelemahannya susah mengelompokkannya karena berjenis jenis barang dan dari bermacam organisasi
b. Anggaran belanja ber program : Pengeluaran anggaran dikelompokkan pada program misalnya: program untuk menyejahterakan rakyat , program untuk membuat aman dan damai dst.
o Kelebihannya:
Memungkinkan membuat prioritas kegiatan
Lebih memberi informasi tujuan pembelanjaan
o Kelemahannya:
Sulit diawasi karena tiap program hanya mencantumkan jumlah rupiah tanpa rincian pembelian barang.
c. Anggaran Planning Programming and Budgeting System (PPBS)
Anggaran belanja negara disusun berdasar kan penentuan sasaran yang akan dicapai
Disini terlihat hubungan antara program dengan kegiatan pemerintah.
o Kelebihannya:
Berguna untuk mengukur efisiensi dan produktivitas dalam pengertian manajemen
Berguna menilai keputusan-keputusan alokasi sumber
Berguna menilai tujuan akhir dari kegiatan-kegiatan suatu pemerintahan
d. Anggaran berbasis kinerja
Anggaran kinerja berdasarkan anggaran berprogram, hanya disini ditambah keterangan berapa banyak jenis pelayan an yang akan disediakan utuk mencapai suatu tujuan.ada 2 hal yang harus dilakukan:
Dengan ddisediakan satu nilai biaya berapa hasil kerja dihasilkan
Menetapkan suatu tingkat pelayanan yang wajar
12. Setiap pengeluaran pemerintah mempunyai manfaat kepada mayarakat (benefit) disamping itu juga menjadi beban masyarakat(biaya= cost ). Diusahakan agar manfaat yang diterima masyarakat jauh lebih besar dari biaya yang menjadi beban masyarakat
13. Kurva manfaat marginal ( marginal benefit)dari investasi mula2 menanjak kemudian akhirnya akan menurun, tambahan pengeluaran mulanya menambah manfaat tapi kalau tambahan itu dilakukan terus menerus maka manfaat dari pengeluaran itu akan menurun. Ini disebut Law of deminishing benefit.
Hukum manfaat yang makin berkurang kita lihat pada contoh pembangunan penanggulangan banjir dibawah ini:
Renc.A biaya proyek kerusakan rata2/th berkurang kerusakan/th
1.tanpa proyek 0 38.000 0
2.Tanggul 3.000 32.000 6.000
3. Waduk kecil 10.000 22.000 16.000
4.Waduk sedang 18.000 13.000 25.000
5,Waduk besar 30.000 6.000 32.000
Rencana A. =adalah membangun bendungan
Tambahan manfaat dan tambahan biaya
penanggulangan banjir.
Rencana proyek Tambahan Tambahan
Manfaat Biaya
1.Tanpa proyek 0 0
2.Tanggul 6.000 3.000
3.W.Kecil 10.000 7.000
4.W.sedang 9.000 8.000
5.W.besar 7.000 12.000
Jadi tambahan biaya utk waduk besar tidak sebanding dengan manfaat yang diterima masyarakat.
14. Manfaat langsung suatu bendungan adalah mencegah banjir
manfaat tidak langsung suatu bendungan menghasilkan irigasi sepanjang tahun.
manfaat dan biaya tangible adalah manfaat dan biaya yang bisa diraba dengan adanya bendungan maka maka kenaikan produksi pangan merupakan manfaat tangible dan keindahan suatu bendungan adalah manfaat intagible atau manfaat yang tidak bisa diraba/ukur .
15. Sumber2 penerimaan Negara :
1. Pajak
2. Penerimaan negara bukan Pajak /Retribusi
3. Keuntungan dari BUMN
4. Denda-denda dan rampasan
5. Penerimaan dari biaya jasa pelayanan pemerintah
6. Pencetakan uang kertas
7. Hasil undian Negara
8. Pinjaman

9. Hibah atau hadiah

A. Definisi pajak: Pembayaran iuran oleh rakyat kepada pemerintah yang dapat dipaksakan dengan tanpa balas jasa yang secara langsung dapat ditunjuk.
B. Penerimaan negara bukan pajak( PNBP) /Retribusi adalah : suatu iuran oleh rakyat kepada pemerintah dimana balas jasanya langsung diterima si pembayar iuran
16. Pajak mempunyai dua fungsi yaitu fungsi budget dan fungsi pengatur “regulatory”
Sebagai fungsi budget, pajak digunakan utk mengumpul- kan dan membiayai kegiatan pemerintah terutama kegiatan pelayanan umum.
Sedang pajak sebagai fungsi regulatory,antara lain
o mengatur pertumbuhan ekonomi
o mendistribusikanpendapatan
o menjaga stabilitas ekonomi
17. prinsip pengenaan pajak yang baik dikenal dengan Smith”s Canons yaitu :
Prinsip kesamaan/keadilan : Prinsip pengenaan pajak adalah sesuai timgkat kemampuan setiap individu yaitu beban riil yang hilang harus sama makin besar penghasilan kena pajak makin besar prosentase pengenaan pajaknya
Prinsip kepastian adalah pajak harus jelas tegas dan pasti bagi setiap individu
Prinsip kelayakan adalah pajak jangan terlalu menekan WP sehingga WP rela dan senang hati bayar pajak ke pemerintah karena sebagai warganegara yang baik wajib membayar pajak.
Prinsip ekonomis; artinya biaya pemungutannya lebih kecil dan pendapatan pajaknya
18. struktur pajak terdiri :
a. Pajak Progressif : adalah pengenaan prosentase pajak semakin tinggi dikarenakan kemampuan membayar pajak yang lebih baik.
b. Pajak Porporsional : Dikatakan proporsional apabila pengenaan prosentase pajak akan sama walaupun kemampuan membayar pajaknya makin meningkat
c. Pajak Regresif : Dikatakan regressif kalau pengenaan pajak prosentasenya menurun walaupun kemampuan membayar pajaknya meningkat.
19. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
Penerimaan sumber daya Alam(SDA)
Dalam APBN .PNBP didominasi oleh penerimaan dari hasil SDA khususnya minyak dan gas bumi,besarnya penerima an hasil SDA tergantung pada lifting minyak dan volume produksi gas bumi dan harga migas di dunia internasional.
Penerimaan SDA non migas didapat dari hasil penambangan umum, hasil produksi hutan, dan hasil perikanan dan nilai tergantung pada volume masil tambang,hasil hutan dan hasil perikanan.
Laba BUMN
Menurut UU No. 29 tahun 2003 tentang BUMN, yang dimaksud dengan BUMN adalah perusahaan yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan modal secara langsung dari kekayaan negara yang dipisahkan. Sd tahun 2007 jumlah BUMN ada 139 dan pada 2008 ditambah lagi dengan 1 PT.DI. 2.PT PPA 3. PT Askrindo. Disamping itu Pemerintah menjadi pemilik saham minoritas di PT Indosat Tbk.
Penerimaan atas laba BUMN, terdiri dari :
o Dividen dari BUMN yang ditetapkan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).
o Dana pembangunan semesta dari PERUM yang besarnya ditentukan dalam Pengesahan laporan keuangan oleh Menteri Keuangan
o Bagian laba pemerintah dari Pertamina yang besarnya ditentukan dalam rapt Dewan Komisaris Pertamina selama Pertamina belum menjadi PT.
PNBP dari pendapatan penjualan dan sewa barang /jasa pelayanan pemerintah.
- Pendapatan sewa rumah dinas
- Pendapatan sewa gedung negara
- Pendapatan bunga rek. Bendaharawan
- Pendapatan dari Kejaksaan
- Pendapatan dari denda tilang
- Pendapatan dari SPP
- Pendapatan dari sitaan barang hasil korupsi dsb.
20. Strategi optimalisasi PNBP
Kebijakan penerimaan dari migas dengan menaikkan lifting minyak diatas 1 juta barrel/hari, intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan kehutanan dan pertambangan serta perikanan
Kebijakan bagian pemerintah atas laba BUMN peningkatan kesehatan BUMN,
Optmalisasi PNBP dari jasa K/L, dengan peningkatan monitoring ,evaluasi dan pengawasan penerimaan PNBP.
21. Pengertian pajak langsung dan pajak tidak langsung
Pajak langsung ditinjau dari adminstrasi negara : pajak yang dikenakan berdasarkan surat ketetapan pajak (SKP) dan pengenaannya dilakukan secara berkala biasanya 1 tahun.
Pajak langsung ditinjau dari segi ekonomi : pajak yang beban pajaknya tidak dapat digeserkan /dilimpahkan pada orang lain. Contoh : Pajak Penghasilan
Pajak tidak Langsung : ditinjau dari administrasi negara pajak yang pengumpulannya tidak berdasarkan surat ketetapan pajak (SKP) dan pengenaanya tidak secara berkala.Pemungutan dan pengenaan pajak tidak langsung dikaitkan dengan tindakan, kejadian atau transaksi.
Dalam artian ekonmis pajak tidak langsung pajak yang bebannya bisa digeserkan/dilimpahkan pada orang lain.
Contoh : Pajak Penjualan, Pajak Pertamba han Nilai (PPN).
Kesimpulan Pajak langsung adalah pajak yang dikenakan pada pendapatan dan laba sedang pajk tidak langsung pajak yang dikenakan pada barang dan jasa.
22. Disebagian besar negara sedang berkembang maka peranan pajak tidak langsung lebih menonjol dibandingkan pajak langsung termasuk di Indonesia. Hal ini karena untuk menarik pajak tidak langsung administrasinya tidak repot. Sedang untuk penarikan pajak langsung administrasinya lebih rumit.
23. Penentuan harga barang publik
Barang barang yang dihasilkan pemerintah dapat dijual kepada masyarakat dengan harga tertentu atau dengan tanpa harga sehingga masyarakat bisa mengkonsum si secara maksimal.
Harga adalah= berapa biaya yang diserap oleh suatu produk dan juga tingginya nilai yang diberikan konsumen pada produk tersebut.
Disektor swasta pada persaingan pasar sempurna maka dalam menentukan harga adalah biaya marginal untuk menghasilkan satu produk tersebut.Sebagai contoh biaya marginal sebuah sepatu Rp. 50 ribu maka harga jual adalh Rp.50 ribu +%keuntungan ditawarkan dengan harga Rp 75 ribu sedang konsu men menilai pada manfaat dan kekuatan maupun keindahan design sepatu bisa dinilai jadi Rp.70 ribu Disini ketemu penawaran harga dan permintaan barang dengan nilai Rp.70 ribu Penjual merasa untung karena terjual diatas biaya marginal pembeli merasa murah karena kuat dan indah. Teori diatas bisa dijadikan patokan pemerintah menentukan harga barang publik yang dihasilkan sehingga rakyat menikmati manfaatnya dan pemerintah tidak menanggung rugi
Tetapi untuk hal-2 tertentu pemerintah menetapkan harga dibawah harga pasar .
Akibatnya rakyat tidak menghargai barang tersebut dan menggunakannya secara boros misalnya nilai air 1 m3 Cuma Rp.5000 utk 10m3 pertama.!!! Pemerintah memonopoli suatu produk yang diproduksi oleh perusahaan umum(publik utility) maka apabila perusahaan maksimumkan keuntungan harga adalah 100 dengan produksi 750 namun karena prusahan tersebut milk pemerintah maka harganya ditentukan sesuai marginal cost 50 maka produksi bisa jadi 1500 tetapi tidak semua harga sama dengan MC tapi masih diberi keuntungan normal agar perusahaan bisa berkembang misalnya 60 maka produksi menjadi 1250 atau pimpinan perusa haan tetap memaksimalkan produksi menjadi 1500 ide ini cocok dengan negara pancasila
24. Kebijakan harga positif
Di negara maju seperti Jepang dan AS menunjukkan sektor pertanian sumber kapital bagi pembangunan ekonomi.
Dengan kebijakan menaikkan harga produk pertanian maka petani bersemangat untuk me ningkatkan produksinya dinegara berkembang ternyata petani juga tanggap terhadap harga positif dengan syarat akses ke pasar mudah dengan pelayanan transportasi yang baik jadi pembangunan infra struktur di desa sangat diperlukan agar petani/produsen dekat dengan pasar.
Ada 3 tanggapan atas produksi atas perubahan harga
Perubahan harga mengakibatkan peruba han komposisi produk pertanian .
misalnya ada 3 jenis produk pertanian salah satunya harga naik maka kompo sisi produk pertanian akan berubah
Karena ada perubahan harga ketiga jenis produk pertanian itu ditingkatkan produksinya karena nilai tukarnya dengan barang industri juga berubah
Ada perubahan produksi pada barang yang laku dijual sebagai tanggapan pada kenaikan harga pada produk yang laku dijual
Kebijakan harga negatif
Produk pertanian biasanya adalah bahan makanan atau bahan mentah bagi sektor indus tri sehingga kebijakan harga positif akan mengakibatkan biaya produksi di sektor industri juga menjadi mahal . Sektor Industri menghendaki harga pangan murah supaya upah tidak perlu terlalu tinggi karena dengan upah rendah buruh sudah terpenuhi biaya hidupnya. Jadi banyak negara mempertahankan harga sektor pertanian rendah sehingga industri bisa berkembang.Agar produksi bahan pangan tidak merosot karena harga yn rendah maka petani disubsidi pupuk,obat penyemprot hama ,dan subsidi bibit unggul.yang diambilkan dari APBN akibatnya dana untuk investasi jadi berkurang untuk subsidi .Disini terjadi konflik antara kepentingan pembangunan pertanian dan pembangunan industri.
25. Kebijakan harga penyangga ( Buffer stock policy)
Pemerintah menghadapi dua kekuatan ekonomi yang berbeda kepentingan satu dan lainnya.
Satu pihak konsumen menghendaki harga bahan pangan yang murah sedang dipihak petani menghendaki hasil pertanian harganya tinggi.
Sbagai bapak yang baik kedua kepentingan harus dilindungi maka cara yang ditempuh dengan kebijakaan harga penyangga yaitu menentukan harga terendah (floor price) dan harga tertinggi (ceiling price) dari produk pertanian misalnya beras. Pada saat panen dimana produk melimpah maka harga pasar akan turun dibawah harga potakan bawah maka pemerintah membeli produk pertanian dengan harga floor price sedang pada saat paceklik maka harga tinggi pemerintah akan melakukan operasi pasar dengan membongkar gudangnya menjual seharga ceiling price dengan ikut mensupply pasar sehingga harga turun pada tingkat ceiling price. Operasi ini bisa berhasil kalau dana yang disediakan pemerintah cukup tersedia
Di Indonesia yang mengatur pembelian beras maupun operasi pasar adalah BULOG
26. Untuk menutupi defisit pengeluaran pemerintah melalui pembiayaan antara lain melalui pemerintah berutang baik didalam negeri maupun keluar negeri:
Sumber pinjaman dari individu masyarakat
Masyarakat memberi pinjaman kepada negara dengan membeli SUN(surat utang negara). Mereka pembeli SUN tidak akan merubah pola konsumsi mereka karena biasanya uangnya diambil dari tabungan. Uang tabungan ini untuk cadangan memperluas usaha jika sudah cukup atau dipakai untuk spekulasi, tapi karena masya rakat merasa lebih aman membeli SUN maka mereka membeli SUN. Jadi pembelian SUN tidak berpengaruh pada pola konsumsi akan tetapi berpengaruh pada atas dana yang menganggur untuk cadangan perluasan usaha atau untuk spekulasi.
Sumber pinjaman dari perusahaan lembaga non bank
Pemerintah dapat menjual SUN kepada perusaha an non bank seperti asuransi dan perusahaan lainnya.Dana ini diambil dari dana yang me nganggur di perusahaan yang biasanya dipakai untuk membeli saham tetapi karena keuntungan yang didapat akan lebih besar dengan beli SUN.maka dibelikan pada SUN. Kalau terjadi kondisi seperti ini perusahaan-perusahaan lain nya yang akan memperluas usaha dengan menjual sahamnya jadi terhambat karena kekurangan dana terhisap pemerintah.
Sumber pinjaman dari Bank umum
sebagai kreditur Bank umum dapat memberi kredit apabila mempunyai decking. Misalnya ditetapkan decking 5% maka bank umum bisa menciptakan uang giral 20X
Dengan membeli SUN bank umum mempunyai decking utk memberi kredit disamping itu bank umum mendapat bunga dari pemerintah. Dengan adanya penciptaan uang giral berarti investasi bertambah dan akibatnya pendapatan nasional akan meningkat.
Sumber dana pinjaman dari bank sentral
Sama seperti kalau SUN dibeli oleh bank Umum maka Bank sentral juga akan menciptakan uang giral karena SUN dijadikan decking penciptaan uang giral. Jadi pembelian SUN oleh bank sentral pengaruhnya positif bagi pendapatan nasional.
27. Macam dan ciri hutang negara
Reproductive debt and Dead weight debt
o Reproductive debt adalah utang yang dijamin dari hasil produksi kekayaan negara yang dibeli dari utang tersebut misalnya utang untuk bangun pabrik semen, maka untuk bayar cicilan pokok hutang dan bunga diambil dari keuntungan pabrik semen tersebut dan lama cicilan adalah maksimal seumur ekonomis pabrik tsb, sedang
o Dead weight debt adalah utang yang tidak ada jaminannya dibayar pakai uang pajak dan batas waktunya tidak bisa ditentukan
Pinjaman dalam negeri dan pinjaman luar negeri.
o Pinjaman dalam negeri adalah pinjaman yang berasal dari lembaga atau orang orang sebagai penduduk negara itu sendiri.
o Pinjaman dalam negeri adalah pemindahan kekayaan penduduk didalam negeri dari masyarakat ke pemerintah.Pada saat penciclan pelunasan terjadi pemindahan kekayaan dari pemerintah kepada masyarakat negeri itu sendiri
o Pinjaman Luar negeri adalah pinjaman mencakup pemindahan kekayaan dari luar negeri kedalam negeri dan pada pembayaran cicilan pokok utang dan cicilan bunga terjadi pemindahan kekayaan dari dalam negeri keluar negeri.
Suku bunga pinjaman.
o Bunga pinjaman yang ditetapkan biasanya tetap tidak naik turun mengikuti trend harga. Jadi pada saat harga2 naik (inflasi) maka pemerintah selaku debitor/peminjam akan mendapat keuntungan.Tapi pada tahun 2008 karena dana internasional kering akibat ada subprime mortgage maka pemerintah terpaksa menerbitkan obligasi dengan bunga mengambang (flexible rate note=FRN) tetapi sasarannya dana dalam negeri.
28. Beban Utang dalam negeri
Beban utang dalam negeri adalah pergeseran kekayaan dari satu pihak kepihak lain didalam negeri. Pemberi pinjaman biasanya orangkaya didalam negeri.Dengan demikian pada tahap pencicilan dan pelunasan terjadi redistribusi pendapatan yang tidak adil,
tetapi apabila besar cicilan lebih besar dari beban pajak pada orang kaya. maka gap orang kaya dan orang miskin akan menjadi makin berkurang Oleh sebab itu dalam APBN sekarang ada hitu ngan keseimbangan primer untuk mengukur kemampuan membayar hutang.
29. Beban utang luar negeri
Beban langsung utang luar negeri adalah hilang nya kesejahteraan masyarakat karena dipakai mencicil hutang dan membayar bunga keluar negeri
Walaupun besarnya uang untuk mencicicl tetap tetapi beban riil berbeda tergantung siapa yang kena beban.
Kalau beban utang ini ditanggung oleh orang kaya maka bebannya akan lebih ringan.Seringkali negara pemberi pinjaman menggunakan cicilan dan bunga hutang untuk membeli barang produksi negara pengutang yang di hasilkan oleh orang2 kaya.Ini menguntungkan negara debitor karena ekspornya jadi meningkat.
Beban tidak langsung adalah apabila untuk membayar hutang diambil dari pungutan pajak.
Dengan pembayaran cicilan ke luar negeri melalui pungutan pajak maka berpindahlah kekayaan rakyat dari negara peminjam ke negara kreditor
30. Untuk mengelola utang dengan baik maka pinjaman itu harus diarahkan untuk investasi yang hasilnya bisa menambah pendapatan nasional sehingga hasil penjualan produknya bisa untuk mencicil hutang dan bayar bunganya sendiri.
Selain itu penerimaan devisa ditambah gross capital inflow dan tabungan dalam negeri harus lebih besar dari impor barang dan jasa

Read more: http://all-things-just-4u.blogspot.com/2010/11/kisi-kisi-uts-stan-pengantar-keuangan.html#ixzz1eCtwOSTi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar