Facebook Badge

Selasa, 26 Oktober 2010

PROYEK PRESTISIUS BERNAMA STUDENT CENTRE

Telah kita ketahui bersama, beberapa minggu terakhir ini kawasan kampus STAN gerbang Ceger sedang berbenah. Pembangunan proyek prestige bernama Student Centre. Ya, itulah gedung yang digadang-gadang mempunyai konsep semacam ISTORA Bung Karno, Senayan. Student Centre, seperti namanya digunakan sebagai pusat kegiatan mahasiswa. Mulai dari gathering, seminar, olahraga, hingga event-event penting seperti wisuda, DINAMIKA, USM STAN, Seleksi CPNS Kemenkeu dan lain sebagainya. Proyek dengan biaya besar dan waktu tahunan ini ditarget selesai 2-3 tahun ke depan. Diharapkan setelah pembangunannya selesai, Student centre benar-benar bisa menjadi pusat kegiatan mahasiswa. Ini artinya fungsi gedung G yang selama ini menjadi auditorium STAN akan berpindah ke Student Centre. Lantas, bagaimana tanggapan mahasiswa STAN sendiri?

Beragam pendapat muncul akan pembangunan gedung ini. Banyak yang setuju, namun ada pula yang sedikit keberatan, karena pengerjaannya. Dzul misalnya, dia sangat setuju dan mendukung pembangunan Student Centre. Menurut mahasiswa tingkat 1 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan ini, STAN perlu gedung yang efektif untuk kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. “Kita butuh gedung baru yang besar , megah , dan modern untuk mengadakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Nah... Student centre jawabnya. Nantinya, kita tak perlu repot ke SICC untuk wisuda atau ke Ar Rindha untuk futsal. Student Centre menampung keinginan kita”. Memang benar apa yang dikatakan Dzul, Student Centre nantinya akan menjadi “gelanggang”mahasiswa STAN. Gedung ini akan mempunyai fungsi multiguna dan konsep modern.

Namun, ada pula yang mengatakan pembangunan Student Centre menghilangkan arena tiga lapangan sepakbola utama di STAN. Stantiago Berdebu, Stan Siro, dan Stanford Bridge. Ketiganya telah berubah menjadi pondasi-pondasi beton. Dan bahkan, salah satunya menjadi “danau” akibat pengerukan tanah untuk pembangunan Student Centre sendiri.

Terlepas dari beragam pendapat yang muncul, kita tentunya berharap pembangunan Student Centre lancar dan tepat waktu. Dengan demikian, gedung ini bisa secepatnya digunakan untuk menunjang kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan lainnya. Kita berharap gedung ini nantinya bisa dimanfaatkan semaksimal dan seoptimal mungkin. Menjadi gedung berbasis teknologi dan arsitektur modern dengan tata gedung artistik, kokoh, luas, nyaman, dan tentunya mempertimbangkan lingkungan dan kondisi sekitar. Jangan sampai hanya menjadi gedung megah, tetepi tidak dimanfaatkan dengan baik atau mengganggu sarana umum lain seperti jalan dari MBM atau kampus arah Kalimongso, tepatnya Gang Setia.

Ke depan gedung ini diharapkan mempunyai taman/ halaman yang ari dan rimbun, sehingga kita dimanjakan oleh udara sejuk tanpa harus menggunaka AC. Memugkinkan penggunaan energi sehamat mungkin, misalnya dalam pencahayaan dan penggunan energi listrik. Memberi keleluasaan bagi pengguna, tanpa harus berjubel dan berdesakan. Mempunyai parkir yang aman dan kondusif. Sarana terpelihara dengan baik dan berkesinambungn, serta tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan ketika dan setelah pembangunan.

Yang perlu diperhatikan disini adalah perubahan fungsi lahan. Tanah galian yang dikeruk dan tergenang air misalnya, harus diperhatikan agar nantinya tidak menjadi “danau” yang terbengkalai. Nantinya bisa kita manfaatkan untuk danau/empang buatan untuk memperindah lingkungan kampus dan sentra berkumpulnya mahasiswa untuk bersantai di samping plasma, bendungan, ataupun taman CD yang sudah ada saat ini. Nantinya danau buatan ini bisa menjadi bendungan yang sesungguhnya.

Di samping itu, akses jalan juga harus diperbaiki. Jalan ke arah Gang Setia Kalimongso khususnya, jangan sampai terputus. Karena, akses jalan ini sebagai alternatif terdekat dari PJMI atau Kalimongso menuju MBM atau tempat lainnya. Mobilisasi warga sekitar dan mahasiswa harus tetap diperhatikan. Artinya perubahan lahan yang efektif adalah menuju arah yang lebih baik tidak menutup akses bagi warga untuk beraktivitas.

Demikian sedikit gambaran mengenai Student centre. Proyek megah yang kita harapkan menjadikan STAN semakin baik dan maju.

Jaya selalu kampusku

Jaya selalu STAN

Never ending do the best

Tidak ada komentar:

Posting Komentar