Facebook Badge

Minggu, 12 Juni 2011

Mata Kuliah Manajemen - Bab Motivasi - Subbab Motivasi bukan sekedar teknik -teknik

MOTIVASI BUKAN SEKEDAR TEKNIK-TEKNIK

Motivasi adalah lebih dari sekedar teknik-teknik. Manajer dapat membeli waktu dan kemampuan fisik karyawan, dan sebagainya. Tetapi manajer tidak dapat membeli antusiasme, inisiatif, kesetiaan, penyerahan hati, jiwa dan akal budi karyawan. Meskipun demikian, manajer harus memperoleh hal-hal tersebut.

Pernyataan di atas menggambarkan bahwa motivasi adalah lebih inklusif dari sekedar aplikasi berbagai erbagai peralatan atau cara tertentu untuk mendorong peningkatan output. Motivasi juga merupakan filsafat (pandangan hidup) yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan keinginan karyawan. Jadi, penting diperhatikan oleh manajer bahwa teori-teori motivasi harus digunakan secara bijaksana. Berbagai teori tidak memadai atau mencukupi un tuk diterapkan secara meluas dan bahkan dapat menghasilkan konsekuensi-konsekuensi yang negatif.

Manajer dapat melihat motivasi sebagai sistem , yang mencakup sifat-sifat individu, pekerjaan,dan situasi kerja; dan memahami hubungan antara insentif, motivasi, dan produktivitas, meraeka akan memperkirakan perilaku bawahan. Hanya manajer yang mengetahui hal ini dan mengetahui bagaimana menerapkan serta mengharapkan realisasi peningkatan produktivitas dari para karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar